Bendera Setengah Tiang Vatikan untuk Korban Korona

Bendera kuning putih berlambang Tahta Suci dikibarkan separuh tiang di Vatikan pada Selasa, 31 Maret 2020. Hal itu dilakukan sebagai ungkapan solidaritas Tahta Suci terhadap Italia khususnya dan dunia umumnya yang tengah dirundung wabah korona.

Pada hari yang sama, hal serupa ditemukan di luar tembok negara kota itu. Bendera kuning putih hijau, bendera nasional Italia, berkibar setengah tiang di istana presiden dan kantor-kantor pemerintahan serta rumah warga di kota-kota besar dan kecil di seantero Italia.

Pengibaran bendera tak lazim ini merupakan inisiatif para walikota Italia yang tergabung dalam Asosiasi Walikota se-Italia (ANCI). Hal itu dimaksudkan sebagai ungkapan duka cita bagi ribuan korban Covid-19 di negara itu, juga ungkapan hormat bagi petugas medis atas pengorbanan mereka.

Tahta Suci ambil bagian dalam inisiatif para walikota Italia ini sebagai ungkapan kedekatan Gereja Katolik dengan para korban yang meninggal, dengan keluarga korban yang berduka, juga dengan mereka yang sedang berjuang mengakhiri serangan virus korona, di Italia maupun di seluruh dunia.

Di Italia, angka kematian akibat serangan Covid-16 telah mencapai 11,500 orang pada akhir Maret lalu, lebih dari sepertiga angka kematian global. Sementara, yang terinfeksi sudah mencapai 101,739 orang (secara global sudah mencapai 700,000 orang).

Wabah korona telah menelan begitu banyak korban jiwa, mengakibatkan penderitaan pada tidak sedikit orang dan keluarga. Menaikkan bendera separuh tiang adalah cara sederhana namun sangat berarti untuk menyatakan solidaritas, untuk menumbuhkan harapan.